nusakini.com--Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Yogyakarta menjadi peserta terbaik II pada Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah (LKAS) untuk SMA/MA se-Derajat Tingkat Nasional tahun 2017. Kegiatan LKAS ini diselenggarakan Direktorat Sejarah Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 

MAN 1 Yogyakarta menjadi satu-satunya perwakilan madrasah yang masuk 10 besar tim terbaik dari sejumlah provinsi. Hal ini diumumkan melalui Surat Keputusan Dewan Juri No. 3682/ES.I/KB/2017.  

Tim MAN 1 Yogyakarta diwakili oleh dua siswanya, yaitu: M. Sulchan Fathoni dan Shuhaib Abdul Karim. Mereka berdua mengangkat judul “Sultan HB IX: Tokoh 1000 Umat dari Yogya untuk Indonesia.”  

“Video ini mengisahkan tentang Biografi Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Tentang keteladanannya serta peran-perannya untuk Indonesia,” tutur M. Sulchan Fathoni ketika ditemui usai penerimaan hadiah, Senin (16/10). 

M. Sulchan Fathoni menuturkan bahwa dalam proses persiapan, tim MAN 1 Yogyakarta dilatih secara berkelompk untuk belajar membaca sejarah, merumuskan masalahnya, menulis naskah, mendiskusikan bahan-bahan dan alat, teknik merekam, editing dan finishing.   

Pengumuman pemenang LKAS dilaksanakan pada 16 Oktober 2017 di Plaza Insan Berprestasi Gedung A. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. MAN 1 Yogyakarta meraih Juara Terbaik II dengan hadiah uang pembinaan sebesar 35 Juta yang diserahkan secara langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir. (p/ab)